2020/11/27

Melacak Catatan di Facebook

Ini tulisan tidak lazim. Isinya semacam tutorial. Pemantiknya, status Facebook (Fb)-nya Kang Putu Gunawan Susanto yang saya dapati sore ini. Beliau memprotes Fb lantaran menghilangkan halaman Catatan (Notes) dari fiturnya. Saya pun pernah mengalami kekecewaan serupa, 6 November yang lalu. Bedanya, protes Kang Putu disertai kebingungan akibat gagal menemukan catatan-catatannya yang sebelumnya pernah dibuat, disimpan, dan mungkin dipublikasikan.

Tergerak pikiran saya untuk membagikan hasil pengembaraan saya untuk melacak catatan-catatan saya.

  1. Buka halaman pribadi.
  2. Klik 3 titik (...).
  3. Klik "Activity Log" (baris ke-2; maaf, saya tidak tahu apa istilahnya dalam edisi bahasa Indonesia).
  4. Muncul menu "Activity Log", klik "Filter".
  5. Muncul menu "Filter", gulung ke bawah hingga menemukan "Notes/Catatan".
  6. Klik lingkaran di kanan "Notes" hingga terisi lingkaran biru.
  7. Klik "Save Changes".
  8. Tampillah catatan-catatan yang pernah kita simpan.
(1) Buka halaman pribadi; (2) klik "..."; (3) klik "Activity Log".


(4) Klik "Filter".


(5) Scroll ke bawah hingga menemukan "Catatan/Notes".


(6) Klik lingkaran di kanan "Notes" hingga terisi warna biru; (7) klik "Save Changes".

(8) Catatan-catatan kita ditampilkan pada "Activity Log".

Semoga membantu sahabat-sahabat Fb yang membutuhkan, seperti Kang Putu.

Catatan: Kita hanya bisa membuka dan membaca kembali catatan yang pernah tersimpan; tidak bisa menyuntingnya atau membuat catatan baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar